Thursday, May 14

Cathedral of Good Shepherd

Well... Selisih 4 hari dari kejadian na n selisih 7 hari dari terakhir kali gw nulis.. tapi gapapa lah.. =)

Gw bakal pulang ke Indo 2 HARI LAGI!! Which is Sabtu, 16 Mei 2009. Dengan demikian brati hari Minggu kmaren adalah kesempatan terakhir gw ke gereja di Singapore, sblon menghabiskan waktu di gereja2 Jakarta selama 3 bulan.. And if that so, then I've ended my 'Singapore churches journey' in style...

Hari Minggu kmaren gw ke Gereja Katedral Singapore; Cathedral of Good Shepherd. Diajakin Aditya Permana sih, secara siang na gw ma dia maw ke Embassy untuk audisi Indonesian Art Festival.. jadi yawda sekalian aja dari pagi ke gereja bareng. Jam 9.45am SGT jalan dari kos; tempatnya deket SMU/SAM situ.. Jalan2.. Pas liat dari jauh, uda underestimate.. Haha.. Dibandingin sama Katedral Santa Pelindung Maria Diangkat Ke Surga Jakarta, jauuuhhh banget lebih kecil! Gada megah2nya sama sekali.. (Dari namanya aja dah keliatan ga sebanding kan.. hahaha.. yang satu Katedral Santa Pelindung Maria Diangkat Ke Surga, yg satu cuma Katedral Gembala yang Baik.. XD). Masuk, duduk dibelakang.. dalemnya kuno2 tipe Belanda gitu (agak kyk CC), kalo di Jakarta kan memberi kesan kayak castle..

Eskterior na Katedral

Tapi ternyata emang ga boleh ngejudge buku dari cover na doank.. Waktu ngebaca song sheet na, ada nama2 orang yang bertugas disitu, mulai dari Arcbishop, Rector, dst dst... sampe ke Music Director... SIR PETER LOW.. Waduh.. Music Director na aja SIR.. SIR loh SIR! Haha selama ini Sir yang paling familiar ma gw cuma Sir Alex Ferguson n Sir Ian McKellen... 2-2na jauh dari jangkauan. XD Dan si Sir Peter ini sendiri yang berdiri n jadi 'WL' na, pemazmur na jugak.. hebat deh..

Misa mulai, dan langsung gw amazed banget. Musiknya... entah sbenernya cuma pake efek orgen ato ga... pokoknya HEBOH dan MEGAH. Yang jelas ada orgen n timpani (TIMPANI loh.. Selama ini Gereja pake Timpani cuma kalo CC lagi misa akbar aja)... tapi megaahhh banget, dan entah kenapa langsung mengingatkan gw sama musik2 na Final Fantasy.. Megah n kedengaran patriotis gitu nada na.. XD

Orgen na tuh yang tipe tua banget gini

Itu baru musiknya.. eh arak2an masuk, dimulai salib seperti biasa... dan gw kaget karena ga abis2 arak2an na.. ternyata abis salib n misdinar, diikuti seluruh anggota koor (yang pake jubah2 gitu bukan cuma kmeja/blus putih n celana panjang/rok hitam - EHHHMMM GW MAW NYINDIR NYONYA MIRLANI), baru jajaran prodiakon n terakhir, pendek dan tua, jalan pelan2 sambil meluk Alkitab, sang pastur (gw gataw ini Archbishop Nicholas Chia itu bukan).. keren banget.

Interior Katedral

Misa jalan seperti biasa, dengan lagu2 yang super megah, tapi semua berjalan seperti biasa. Yang luar biasa adalah sebelum berkat penutup... Seluruh great grandmothers (oma buyut), grandmothers (oma), mothers (ibu), and mothers-to-be (calon ibu) disuruh maju.. secara tanggal 10 Mei kmaren kan International Mother's Day.. Maju, diberkati khusus sama pastor na, n dikasi bunga mawar.. ^^ So sweet banget..

Ada patung Paus Yohanes Paulus II di luar gereja.. ^^

Keluar misa.. Ternyata banyak nak CC adek kelas gw yang dateng ksni.. Ktmu Henry William, ktmu En juga loh.. ^^
Yaya jadi baguslah.. Gereja terakhir yg gw datangi di Singapore sblon pulang ke Indo adalah Katedral na.. yg memberikan kenangan bagus buat gw.. =) Great2.. Kapan2 gw harus ksini lagi..

No comments:

Post a Comment