Sunday, September 19

Holy Land tour Journal : Day 4

Day 4
Jerusalem, Israel - 18 September 2010, 8.51pm
(19 September 2010, 1.51am WIB)

Hari ini gw sampe hotel sih jam 4 sore, tapi gw ga ada mood buat langsung ngetik journal hari ini tadi pas sampe hotel. hahaa.. I'll tell u the reasons later.

Hari ini adalah Yom Kippur di kalender Yahudi, hari pendamaian umat Israel dengan Tuhan. Hari ini, zaman dulu, Imam Besar masuk ke Ruang Maha Kudus untuk membawa korban pendamaian; kalo Tuhan berkenan, Dia kasi pendamaian n Imam Besar bisa keluar hidup2. Kalo Tuhan ga berkenan, Imam Besar mati di dalem, n ditarik keluar mayatnya pake tali yang diiket ke kaki na sebelom masuk ke dalem. Jadi ga maen2 banget. Jadi hari ini, bagian kita berdoa supaya bisa jadi milik pusaka Tuhan. Dikasi hati yang baru, yang mengasihi Tuhan lebih dari segala sesuatu. Dikasi pikiran yang baru, yang memikirkan pikiran2 Kristus. Dikasi mata, telinga, tangan dan kaki yang baru untuk melakukan pekerjaan yang berkenan pada Tuhan.


Hari ini semua orang Yahudi 'nyepi'. Nyepi nya NIAT banget loh di Jewish Quarter bener2 ga ada kehidupan sama sekali loh serius. Mobil ga jalan, toko ga buka… Isinya jalan kaki semua n bahkan gamau di foto.

Karena nyepi, bus ga boleh jalan, jadi kita perlu jalan dari hotel sampe ke tempat ibadahnya di Old City Jerusalem. UNTUNG YA TINGGAL DI SINGAPORE. XD udah terlatih. Udara nya helpful banget: adem, matahari na bright dengan agak mendung tipis tapi ga ujan. Mantap jadinya.

Along the way, we found several good spots in the Old City, the Knesset, lukisan2 lucu n aneh di dinding, n ada 2 anak kecil Yahudi di jalan. Super duper cute. ^^ The city is beautiful. Really beautiful. The buildings are beautiful. Kota na sepi jadi bisa jalan di tengah jalan.


Abis ibadah, kita ke dalem tembok Old City, Via Dolorossa. Super keren tempt na I don't know.. For me sih. Maybe coz I like old stuff? Or maybe coz I pray Assassin's Creed? XD Tapi bener2 keren banget sih nrut gw. Mulai lah petualangan gw a la Altair Ibn La Ahad. Haha.. Stasi I-IX ada monumen/kapel na massing.. Stasi X-XIV ada di dalem sauté gereja: The Church of The Holy Sepulcher. Aduh gw pengin masuk satu-satu sbenernya… Tapi ini guide na (okay I introduce to you the source of my problem today: THE GUIDE, sang TAUFIK namanya) super ribet deh orang na buru2 banget banged aduh.. udah kayak orang setres mau marah mulu. X(



Via Dolorossa tapi isinya ga ada derita2nya sama sekali: kanan-kirinya toko jual barang buagus buagus hahaha.. Jadi ga menderita. I'll tell u the meaning of menderita afterwards.



Lunch di Gloria Restaurant (yes, namanya Gloria). Terus grup dipisah; yang mau balk ke hotel boleh, yang mau terus jug boleh. Terus tinggal Bukit Sion, tapi tempat na yang diomongin gajelas2 gait (apa karena guide na bodoh aja kali ya jadi bikini peserta tour ga tertarik), jade kit mutusin pulang, with like most of the other people as well. Pulang masi teteeeep jalan kaki… Nah pulang na ini yang sengsara.


Inilah via dolorossa yang sebenernya sih nurut gw. X( Jalan dari Old City ke hotel tu harusnya cuma 1 jam lah… Tapi karena sang GUIDE gw NYASAR (COBA MASA ADA TOUR GUIDE PROFESSIONAL BISA NYASAR!) kita jadi muter2 Jerusalem Barat yang sepi karena Yom Kippur, dan baru sampe ke hotel setelah 2 setengah jam! Jadi 1,5 jam dibuang percuma gajelas karena sang guide KESASAR. Seru ya sang GUIDE gw ini. Harusnya di sue.





Anyways, akhirnya sampe ke hotel. Udalah. Gw mau bersyukur aja, karena udah diperdamaikan sama Tuhan lewat Imam Besar Agung kita, Yesus Kristus. Apa pun yang terjadi setelah itu, doesn't matter. :)

Semerbak narwastu penyembahanku
Di hadapan Sang Raja yang duduk di takhta
Membumbung naik korban hidupku
Suatu korban yang hidup dan berkenan

DibawaNya aku di kebunNya
aku jadi kekasih Raja
DicurahkanNya isi hatiNya
aku jadi sahabat Raja

Mengebul naik dupa doaku
ke hadirat Yesus Rajaku
DibawaNya aku mengiring joliNya
aku memerintah bersamaNya

KerajaanMu datang, kehendakMu jadi
Tak ada penundaan, segera dan amin


Amin.

No comments:

Post a Comment